Minggu, 02 Juni 2013

0 Peran Alumni di Tengah Masyarakat (Sebuah Catatan untuk Para Alumni, terutama Alumni Ponpes)


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!
Peran Alumni di Tengah Masyarakat
(Sebuah Catatan untuk Para Alumni, terutama Alumni Ponpes)


Seringkali terjadi peristiwa yang tak diinginkan, membuat kengerian tersendiri terutama melihat kenakalan remaja yang seperti tidak ada habisnya. Selalu saja menjadi topik utama, menghiasi media-media massa, media online, televisi dan lain sebagainya. Belum lagi kasus-kasus kejahatan tingkat atas seperti KKN, pembunuhan baik secara moral maupun fisik, pencurian berupa kehormatan, harta, serta hak orang lain, semuanya seakan menjadi tontonan kita sehari-hari. Dan ini yang lebih mencengangkan lagi, bahwa oknum-oknum yang terlibat dalam hal tersebut adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi, orang-orang yang digembleng dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan teori kemasyarakatan, orang-orang yang merupakan keluaran dan jebolan sekolah-sekolah ternama yang tidak diragukan lagi kredebilitas serta kualitasnya. Patut disayangkan, karena tidak ada manfaat sama sekali yang dihasilkan dari berlama-lama menempuh jenjang pendidikan.
Alumni seharusnya berperan penting dalam mengentaskan problema-problema yang melanda negeri ini. Mereka (para alumni) yang sudah dilepas di tengah masyarakat mempunyai kepentingan untuk membangun masyarakat madani. Peran alumni sangat dibutuhkan untuk dekonstruksi kembali, dimana kepentingan-kepentingan yang ada dalam masyarakat menjadikan alumni untuk berdedikasi mengutamakan hak orang banyak, mewujudkan kesejahteraan, kemaslahatan, dan keamanan di dalam masyarakat. Lebih lanjutnya, kita lihat bagaimana sepak terjang alumni pondok pesantren di tengah masyarakat. Ada banyak alumni pondok pesantren yang berhadapan langsung dengan masyarakat, untuk mengarahkan masyarakat kepada solusi terbaik, sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Dengan bekal Al-Quran dan Hadits, alumni pondok pesantren mampu beradaptasi di tengah masyarakat. Sehingga diterima di tengah masyarakat, dan diperhitungkan keberadaannya.

Pondok pesantren adalah gudangnya ilmu agama dan ilmu akhirat. Para santrinya ditempa untuk menjalankan serta menyeru kepada kebaikan (amar ma’ruf) dan menghindari serta menjauhkan kepada keburukan (nahi munkar), dan beriman kepada Allah SWT. Allah berfirman, “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka yang beriman, dan kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang fasik”(QS. Ali Imron: 110). Mengapa Allah menerangkan demikian? Karena itu sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, yang artinya kita harus beriman kepada Allah SWT.
Peran alumni pondok pesantren di tengah masyarakat sangat dibutuhkan, mengingat adanya kalangan awwam yang tidak mengerti sama sekali tentang seluk-beluk keilmuan, pendidikan, kebudayaan, moral, asusila, yang seringkali menjadi salahpaham diantara masyarakat luas. Sehingga alumni pondok pesantren-lah yang menengahinya, memberikan keterangan, menjawab segala persoalan, dan menyelesaikannya dengan bijak dan memuaskan sebagaimana menegakkan kebenaran dan meniadakan kedzaliman. Itulah kemudian yang menjadi kelebihan alumni pondok pesantren daripada alumni-alumni lainnya.
Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk memojokkan alumni-alumni lainnya, karena kita semua yang berstatus alumni adalah masyarakat pula, yang juga bersosialisasi dengan masyarakat lainnya. Alumni lainpun juga memiliki kelebihan dan kredebilitas yang lebih baik kebanding alumni pondok pesantren. Oleh karenanya, entah itu siapapun, alumni manapun seharusnya mengaplikasikan apa yang sudah didapat dari almamaternya, agar menjadi “Sebaik-baiknya manusia adalah yang baik akhlaqnya dan bermanfaat bagi manusia”, itulah profil alumni sebenarnya.
Alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan yang tergabung dalam IKBAL (Ikatan Keluarga Besar Al-Amien Prenduan), sudah banyak membuktikan kualitasnya dan kontribusinya terhadap masyarakat. Alumni pondok pesantren Al-Amien telah tersebar di seluruh lapisan masyarakat dari mulai kalangan bawah sampai ke atas. Itu karena prinsip pondok pesantren Al-Amien adalah “Berdiri diatas dan untuk semua golongan”, jadi tidak ada pandang bulu, semua sama selama berada dibawah tanggung jawab pondok pesantren Al-Amien Prenduan.
Bagi alumni pondok pesantren Al-Amien, yang perlu dipentingkan adalah menjadi alumni yang berkembang, berjasa, dan mandiri. Berkembang dengan tidak hanya mementingkan kepentingan sendiri (egosentris), mementingkan kepentingan bersama dan untuk mencapai tujuan bersama. Berjasa dalam artian bermanfaat dan berguna bagi nusa, bangsa, negara dan agama. Mandiri berprinsip dan berpendirian sendiri, dengan tidak keluar dari norma sosial masyarakat. Dengan demikian, maka akan terciptalah generasi yang solid, mundzirul qoum, dan mutafaqu fiddien di mata masyarakat. Wa allahu alamu bis showab...             


0 komentar:

Posting Komentar